10 Suara Bip Untuk Menganalisa Kerusakan Komputer

Waktu kita menghidupkan komputer. pertama kali yang dilakukan komputer adalah mengecek BIOS dan, saat BIOS berjalan BIOS pun mengecek sistem apakah sistem sudah benar-benar bisa dijalankan, jika dalam pengecekkan ini tidak lancar atau ada kesalahan yang terdeteksi, BIOS mengirimkan pesan baik itu berupa tulisan maupun suara, Nah pesan berdasarkan suara ini disebut “bip”. Suara bip yang dikeluarkan dari sound Motehboard bermacam-macam, dari suara-suara bip ini kita dapat memeriksa kesalahan apa yang sebenarnya terjadi, dan bisa langsung kita benahi kerusakannya dengan tepat. Namun tidak semua bunyi dari bip ini dikatakan kesalah looo, karena kalau hanya berbunyi satu kali pada waktu awal startup itu normal malah ngak normal kalau ngak bunyi, ya bisa karena sound Motherboard nya yang rusak atau malah Motherboardnya yang mati. sura bip ini pun berbeda suaranya dari tiap merk BIOS, untuk analisa suara ini biasanya udah ada dari manual book motherboard itu sendiri, namun meski pun begitu banyak diantara kita yang tidak tahu, nah kali ini akan saya jelaskan berdasarkan BIOS saya yaitu bermerk AMI.


Satu kali usara BIP, Kegagalan refresh DRAM. Dimana memorinya tidak dapat direfresh oleh sistem.
Dua kali suara BIP, Pada data yang ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang berfungsi untuk mendeteksi dan koreksi error. Pekerjaan ini dilakukan rangkaian parity yang terdapat dalam komputer. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya masalah pada memori atau motherboard.
Tiga kali suara BIP, Kegagalan base memori 64K. Base memori 64K adalah 64 KB memori yang pertama pada RAM. Kegagalan ini bisa disebabkan slot memori yang dikelompokkan dalam modul yang memiliki chip rusak.
Empat kali Suara BIP, Kegagalan system timer. Kemungkinan terdapat kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada motherboard.
Lima kali sura BIP, Kegagalan prosesor. Dapat disebabkan panas berlebih, atau karena prosesor tidak terpasang benar ke dalam socketnya.
Enam kali sura BIP, Kegagalan keyboard controller/gate A20. Keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengedalikan keyboard Anda.
Tujuh kali Suara BIP, Kesalahan prosesor.
Delapan Kali suara BIP, Kesalahan baca/tulis memory display.
Sembilan kali suara BIP, kalau yang ini bisa terjadi karena ada kerusakan pada BIOS.
Sepuluh kali suara BIP, di Cmos ada kerusakan atau kesalahan, dapat anda atasi dengan mereset Cmos dengan batrei Cmos atau reset dengan jumper Cmos

About Muhamad Amir

Talk Less Do More

Posted on 7 Mei 2013, in Komputer and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: