Setting Local Area Connection (LAN)

Dengan koneksi LAN kita bisa mendapat banyak manfaat, misalnya main bisa main game multiplayer kayak Age Of Empire (favorit gw neh hehe..), Counter Strike, dll atau bisa juga kita sharing printer di kantor jadi kalo mau ngeprint bisa langsung dari tiap komputer tanpa memindahkan file ke komputer yang terkoneksi ke printer, sedang yang paling banyak digunakan biasanya untuk File Sharing.

Untuk menghubungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan dibutuhkan yang namanya Ethernet Card atau biasa disebut LAN Card untuk menancapkan Kabel UTP (kabel LAN) yg berguna sebagai penghubung koneksi antar komputer. Untuk komputer ke komputer sebaiknya dihubungkan dengan kabel tipe Cross, bisa beli di toko eletronik terdekat dan lebih baik minta di crimping kan sekalian sesuai kebutuhan. Atau mau crimping sendiri petunjuknya ada disini.
Setelah kabel di colok ke LAN card masing-masing kompi, maka yg perlu dilakukan adalah menyeting Local Area Connection. Bisa lewat icon yg ada di systray di klik 2x trus pilih properties, atau bisa juga lewat Control Panel trus ke Network Connection trus klik 2x icon Local Area Connection lalu pilih properties.
Setelah masuk Properties, cursor klik kan ke Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik properties, maka akan disuruh ngisi IP. Klik ‘Use the following IP address:’
untuk kompi 1 isi sebagai berikut dari atas ke bawah
IP Address 192.168.0.1
Subnet Mask 255.255.255.0
Default Gateway (kosongi saja untuk kompi 1)
Preffered DNS server (kosongi saja untuk kompi 1)
untuk kompi 2 isi sebagai berikut dari atas ke bawah
IP Address 192.168.0.2
Subnet Mask 255.255.255.0
Default Gateway 192.168.0.1
Preffered DNS server 192.168.0.1
Setelah selesai, close jendela properties, lalu restart komputer. Sambil nunggu komputer nyala, sebaiknya dibarengi dengan doa agar semuanya lancar. [-Ov  Sebenernya tanpa restart juga bisa langsung jadi, cuma kadang ada yg butuh restart.
Sudah, sekarang coba share salah satu drive di komputer 1 atau 2, misal ‘Drive D:’ klik kanan di ‘Drive D:’ pilih Sharing and Security maka akan muncul jendela baru, lalu klik ‘If you understand the risk bla bla bla bla..’ maka akan muncul tulisan lain, lalu sekali lagi klik ‘If you understand the risk bla bla bla bla..’ (letaknya agak di bawah sekarang) maka akan muncul jendela baru pilih yang ‘Just enable file sharing’ lalu klik ‘OK’. Beri centang di ‘Share this folder on the network’ kalo mau mengijinkan user lain di network untuk bisa memodifikasi file yg di sharing maka centang juga yang bawahnya. Sudah, tinggal coba diakses di komputer satunya lewat explorer, My Network Places – Entire Network – Microsoft Windows Network – (nama workgroup nya)
Untuk share Internet dari kompi 1 ke kompi 2, silahkan klik kanan di koneksi kamu di Network Connection, masuk ke tab Advanced lalu beri centang di “Allow other network users to connect through this computer’s Internet Connection” lalu pilih Local Area Connection di kolom di bawahnya.

About Muhamad Amir

Talk Less Do More

Posted on 27 Januari 2012, in Belajar Komputer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: